DMCA.com Protection Status

6 Cara Komunikasi Yang Baik dan Efektif

Melatih public speaking

Komunikasi adalah segalanya di tempat kerja dan dalam semua hubungan kita. Sejujurnya, bagaimana lagi orang bisa berkomunikasi? Tingkat komunikasi yang baik diperlukan untuk membangun personality yang bermakna dan berkarakter. Bagaimana Anda berkomunikasi secara efektif? Katakan saja apa yang Anda maksud, katakan dengan jelas dan hormat.

Bangun kepercayaan

Beberapa orang secara alami tidak mempercayai orang lain karena mereka tidak tahu apa yang dipikirkan orang lain. Jadi semakin cepat Anda keluar dan mengatakan apa yang Anda inginkan, semakin cepat Anda bisa membangun kepercayaan. Jika Anda merasa seseorang sangat peduli, Anda dapat mendekati mereka dan meyakinkan mereka bahwa Anda bukan ancaman. Seperti yang dapat Anda bayangkan, ini tidak selalu berhasil, jadi jangan buang waktu Anda mencoba mengubah pikiran seseorang. Sebaliknya, teruslah jujur ​​dan beretika, dan berharap profesionalisme dan konsistensi Anda pada akhirnya akan meyakinkan mereka—dengan asumsi Anda ingin meyakinkan mereka. Ada beberapa yang mungkin tidak Anda inginkan sebagai pelanggan atau bahkan mitra.

  Olahraga Rekreasi: Definisi, Tujuan, dan Sasaran
Bicaralah dengan jelas

Berbicara dengan jelas terkadang bisa menjadi masalah karena tidak semua orang meluangkan waktu untuk meningkatkan diksi atau kosa kata mereka. Untuk hasil terbaik, berlatihlah berbicara di depan cermin dan rekam diri Anda untuk diputar ulang. Syarat terakhir adalah rasa hormat. Jangan pernah meremehkan seseorang yang baru saja Anda temui. Kesan pertama tidak pernah benar-benar hilang, jadi cobalah untuk menampilkan diri Anda sebagai rekan bisnis yang percaya diri dan hormat. Jika Anda hanya harus mengatakan “Demi Allah”, jangan katakan “Demi Allah”.

Kenali masalah komunikasi

Apa saja hambatan yang paling umum untuk komunikasi yang efektif? Sebagai permulaan, ada penggunaan bahasa atau kosa kata. Anda tidak dapat selalu berasumsi bahwa sesuatu yang baik untuk Anda akan mempengaruhi orang lain dengan cara yang sama. Orang dapat dengan mudah salah menafsirkan atau bahkan mendistorsi makna asli dari sebuah pernyataan. Adalah bijaksana untuk tidak mengatakan apa pun yang meragukan yang dapat membingungkan pendengar atau memicu reaksi negatif yang tidak diinginkan. Sarkasme dan humor juga sulit ditemukan. Humor harus jujur ​​​​dan tidak terlalu lucu, jika tidak, seseorang dapat dengan mudah merasa tersinggung oleh pernyataan yang tidak sopan.

  Pengertian dan Pentingnya Skill Public Speaking
Belajar menggunakan nada dan bahasa tubuh bersama

Saat mencoba meningkatkan komunikasi Anda sendiri, hindari bersikap defensif atau menggunakan nada negatif. Ketika seseorang menjadi defensif, percakapan mulai lupa. Pertahankan sikap ramah dan bersahabat dengan tangan terbuka dan senyum. Jika Anda merasa melakukan gerakan defensif atau bahkan menggunakan nada defensif (mungkin diprovokasi oleh orang lain), hilangkan tanda-tanda peringatan ini. Jangan biarkan emosi menguasai penilaian Anda yang baik. Faktanya, salah mengartikan bahasa tubuh dan nada suara adalah salah satu masalah paling umum dalam gangguan komunikasi. Bahkan jika Anda mengatakan sesuatu yang masuk akal, pesan dan kejujuran Anda akan dipertanyakan jika Anda menunjukkan tanda-tanda fisik sebaliknya. Jangan lupa bahwa bahasa tubuh negatif dan positif ditemukan di setiap bahasa dan di setiap keadaan.

Jangan pernah berasumsi apapun

Asumsi adalah masalah umum lainnya, apakah itu asumsi yang terpenuhi dengan sendirinya atau hanya berpura-pura bahwa orang lain melihat sesuatu seperti Anda. Jangan pernah berasumsi – kenyataannya adalah kebanyakan orang tidak melihat hal-hal seperti yang Anda lakukan dan tidak merasakan hal yang sama seperti Anda. Semakin sedikit Anda menerima, semakin baik. Ini termasuk dalam kategori memastikan komunikasi Anda selalu terbuka.

  Memasang Hosting dan Domain Gratis di Pantheon.io
Kenali masalah komunikasi terkait teknologi

Dengan munculnya teknologi baru, hambatan komunikasi terkait teknologi baru juga muncul. Terkadang pesan dapat disalahpahami karena suara ponsel. Selain itu, biasanya orang menggunakan pendengaran selektif (mendengar apa yang ingin mereka dengar) saat berkomunikasi di telepon, yang dapat memperburuk masalah. Masalah komunikasi berbasis teknologi lainnya dapat diakibatkan oleh hilangnya pesan telepon atau pesan email yang tidak jelas. Terakhir, ingatlah bahwa meskipun konferensi virtual adalah tren yang berkembang, bentuk komunikasi impersonal ini sering kali tidak memungkinkan isyarat non-verbal.

Baca juga: 5 Tips Untuk Menjaga Motivasi dan Semangat

Masalah komunikasi lainnya dapat muncul dari prasangka dan stereotip yang menilai orang berdasarkan ras, jenis kelamin, kebangsaan, agama dll.


more tips: https://www.webiance.xyz/

About the author: Pikri Padila

Related Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Baca juga: 6 Cara Komunikasi Yang Baik dan Efektif […]