DMCA.com Protection Status

Apa itu Charcot Foot Bagi Penderita Diabetes?

charcot foot

Charcot foot atau kaki charcot adalah salah satu dari sekian banyak masalah yang mungkin terjadi pada penderita diabetes mellitus. Tingkat gula darah yang lebih tinggi yang berasal dari semua jenis diabetes, memiliki pengaruh pada berbagai sistem tubuh termasuk penglihatan, sistem ginjal serta saraf.

Dalam kasus yang berlangsung lama, terutama jika ada kontrol kadar gula darah yang tidak memuaskan, Anda dapat menemukan masalah dengan saraf yang memasok kaki. Ini akan membuat kaki dalam bahaya masalah seolah-olah ada sesuatu yang salah.

Anda tidak tahu itu salah karena Anda tidak bisa benar-benar merasakannya. Ini mungkin sesuatu yang sederhana seperti berdiri di atas paku yang berkarat dan terkontaminasi dan Anda tidak sadar bahwa Anda telah berdiri di atas paku tersebut. Apakah itu lecet atau kuku yang tumbuh ke dalam yang terinfeksi dan Anda tidak tahu bahwa itu ada di kaki kecuali Anda melihatnya.

  Omicron Mungkin Tanda dari Akhir Fase Pandemi Covid-19

Inilah sebabnya mengapa perawatan kaki bisa sangat diperlukan bagi mereka yang menderita diabetes dan mengapa hal itu akan diberikan banyak penekanan. Kaki Charcot adalah kerusakan yang terjadi pada tulang dan sendi jika Anda mengalami cedera dan Anda tidak tahu bahwa cedera itu telah terjadi.

Cara melihatnya bisa dengan mempertimbangkan cara ini:

Berpura-pura pergelangan kaki Anda terkilir parah dan Anda juga tidak sadar bahwa Anda mengalaminya hanya karena Anda tidak mengalami rasa sakit karenanya. Anda kemudian melanjutkan dan berjalan-jalan di atasnya. Bayangkan semua kerusakan tambahan yang Anda lakukan dengan berjalan di atasnya.

Paling awal Anda mungkin menemukan bahwa mungkin ada sesuatu yang salah terjadi ketika Anda duduk dan melihat kaki dan Anda melihat bahwa yang satu jauh lebih bengkak dibandingkan dengan kaki lainnya. Inilah yang terjadi pada individu dengan diabetes yang mengalami kaki Charcot.

  Apa itu Glaukoma? Kenali Gejalanya Sejak Dini

Perkembangan kaki Charcot benar-benar perlu ditangani sebagai sedikit situasi yang mendesak karena semakin maju semakin serius dan semakin menantang untuk ditangani. Individu pasti perlu berhenti dari semua beban tanpa penundaan atau setidaknya mendapatkan dukungan berjalan sehingga kerusakan terlindungi.

Untuk kasus yang tidak terlalu besar dan kondisi yang serius dan telah membaik, diperlukan orthotic yang sangat mendukung pada alas kaki untuk menopang kaki dan cedera.

Terkadang prosedur bedah diperlukan untuk meluruskan tulang yang mengalami subluksasi dan dislokasi. Sejauh ini situasi yang paling kritis dapat berakhir dengan kaki dan/atau kaki yang harus diamputasi karena trauma telah menyebabkan kerusakan yang berlebihan.

About the author: Pikri Padila

Related Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments